Home » » Import/Conversi File DBF (Micr. Acces)

Import/Conversi File DBF (Micr. Acces)

Written By rista langi on Jumat, 18 Oktober 2013 | 19.58

Untuk file dbase (Extension .dbf) Access telah memiliki sebuah menu sehingga kita nggak perlu bersusah payah mengimport melalui ODBC seperti di excel (Aneh juga mengapa di excel nggak bisa ya???)
  • Untuk mengimpor file data yang telah kita peroleh dari Wajib Pajak klik Command tab External Datapada, sesuaikan dengan jenis file yang akan diimpor. Dalam contoh ini kita akan mengimpor file dBase maka pilihmorelalu klik  dBase File” .
  • Pilih file Dbase yang akan diimpor dengan mengklik tombol “Browse, dalam contoh ini pilihlah file “AP_TRANS.DBF” pada folder DATA. Access memberikan dua pilihan dalam penyimpanan hasil impor tersebut yaitu import dan link. Import berarti akan menghasilkan tabel yang baru yang bila ada perubahan data pada tabel baru tersebut tidak akan mengubah data pada  file sumber, sedangkan Link hanya akan menampilkan data dari file dbase dan bila ada perubahan data pada Access akan menyebabkan perubahan data pada file sumber. Oleh karena itu kita pilih “Import” karena kita akan banyak melakukan modifikasi pada tabel yang telah kita impor.
  • Lalu klik “Ok”, maka muncul notifikasi apakah proses impor tersebut akan simpan untuk pengulangan akan datang atau tidak. Klik “Close”.
  • Untuk melihat hasil impor yang telah kita lakukan, klik ganda tabel “AP_TRANS” pada “Navigation Pane”. Untuk menutupnya klik “x” di sebelah kanan “Tabbed document”.
  • Kita ulangi langkah2 diatas untuk file2 lainnya
  • Nama File Uraian
    AP_TRANS.DBF data transaksi account payable
    AR_TRANS.DBF data transaksi account receivables
    COSTUMER.DBF data pelanggan
    DEPT.DBF data kode departemen
    EMP_MAST.DBF master data pegawai
    INVENTOR.DBF data persediaan
    PAYROLL.DBF data pembayaran gaji
    TRANS.DBF data transaksi penjualan
    VENDOR.DBF data rekanan
    WORKDEPT.DBF kode dan nama unit kerja


  • Setelah semua file dBase ke dalam file auditMSA.accdb berhasil di impor, pada Navigation pane penulis lebih senang menampilkan seluruh objek dan mengelompokkan objek sesuai dengan tipenya yaitu table, query, form, dsb. Maka, klik panel sebelah kiri dengan tulisan “All Access Objects” dan pilih “Object Type”.
  • Selesai
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Isi Blog: